ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKASI, MEDIA DAN BUDAYA

  • M mansyur MIKOM UNIVERSITAS LAMPUNG

Abstract

Coronavirus Disease (Covid-19), barangkali menjadi kata yang paling popular didunia beberapa bulan terakhir ini. Betapa tidak, sejak minggu ketiga hingga penghujung minggu keempat Maret 2020, penyebaran virus corona makin mengkhawatirkan. Saat Cina sebagai negara asal virus corona mengumumkan penurunan kasus infeksi corona, beberapa negara di Asia, Amerika dan Eropa justru mengkonfirmasi peningkatan penderita yang luar biasa. Pemerintah Indonesia sendiri telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 sejak 13 Maret 2020. Namun sebelum itu empat Daerah yaitu  provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa timur dan Jawa Tengah sudah lebih dulu melakukan mitisasi pencegahan sebelum pemerintah menetapkan Indonesia dalam status Bencana Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan dalam  penanganan pandemi yang di lakukan oleh ke Empat Provinsi tersebut dengan memperhatikan aspek  Komunikasi, Media dan Budaya. Penelitian ini menggunakan metode Content analisis. Metode ini membahas secara mendalam isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Berdasarkan penelitian dan analisis yang di lakukan, menemukan bahwa kebijakan pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) oleh Empat Provinsi Daerah sudah tepat dan mengandung perpsektif media komunikasi dan budaya didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-01
How to Cite
MANSYUR, M. ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKASI, MEDIA DAN BUDAYA. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 75-94, july 2020. ISSN 2442-2207. Available at: <http://almishbahjurnal.com/index.php/al-mishbah/article/view/184>. Date accessed: 02 july 2020. doi: https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol16.Iss1.184.
Section
Articles