Author Guidelines

1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, termasuk hasil penelitian, penelitian berbasis lapangan atau kepustakaan.

2. Naskah diketik dengan aplikasi Microsoft Word di atas kertas ukuran A4. Panjang naskah antara 7000-10000 kata, dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 pt dan spasi 1,5.
3. Sistem penulisan naskah meliputi:

a. Judul Artikel
Judul harus jelas, ringkas, informatif, dan tanpa singkatan.
b. Nama Penulis
Nama penulis diketik tanpa menyertakan gelar akademik, diikuti nama asal institusi di bawah judul artikel. Bila artikel ditulis oleh tim, Penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau nama yang pertama. Penulis utama mesti menyertakan alamat surat elektroniknya untuk kepentingan korespondensi.
c. Abstrak
Abstrak artikel antara 100-200 kata. Adapun kata kunci antara 3-5 kata. Abstrak, paling kurang, mencakup tujuan, metode, dan hasil dari penelitian.
d. Pendahuluan
Pendahuluan, secara beurutan, meliputi latar belakang, pertanyaan penelitian atau hipotesis, dan kajian pustaka. Tujuan penelitian disertakan pada bagian akhir pendahuluan.
e. Metode
Metode penelitian harus dielaborasi pada bagian ini guna pengidentifikasian isu-isu, termasuk metode analisis. Metode harus mencakup detil yang memungkinkan pembaca untuk memberika evaluasi berkenaan dengan reliabilitas dan dan validitas temuan-temuan.
f. Hasil dan Pembahasan (Results and Discussions)
Bagian ini harus berupa penjelasan secara rinci mengenail hasil-hasil, informasi-informasi, atau apa yang telah ditemukan dari penelitian . Hasil penelitian dan hasil-hasil temuan penelitian dibahas dalam bentuk diskusi antar hasil. Temuan-temuan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan harus ditulis dengan penyertaan data pendukung yang memadai. Hasil-hasil dan temuan harus menyajikan penjelasan atau menyelesaikan pertanyaan yang disebut pada pendahuluan.
h. Kesimpulan
Pernyataan di bagian penutup harus mencakup ringkasan dan saran. Ringkasan harus merangkum jawaban bagi pertanyaan, hipotesis, tujuan penelitian, atau temuan-temuan yang didapatkan. Adapun saran-saran harus menampilkan hal-hal yangakan dilakukan dalam kaitannya dengan konsep-konsep penelitian berikutnya.
i. Referensi
Seluruh referensi yang dikutip di dalam artikel diketik dalam format catatan kaki (footnote) dan harus dicantumkan di dalam Daftar Pustaka.

4. Penyerahan naskah dapat dilakukan melalui halaman submission di www.almishbahjurnal.com atau dikirimkan ke alamat surel: almishbahjurnal@gmail.com
5. Tabel dan gambar harus diberi judul, nomor, serta diketik dalam format 1 spasi.
6. Daftar sumber referensi dapat berupa skripsi, tesis, disertasi, buku, jurnal, serta jenis publikasi lainnya. Seluruh referensi yang dikutip sebaiknya berasal dari publikasi yang terbit dalam 10 tahun terakhir. Artikel yang diterbitkan oleh Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi merupakan sumber yang direkomendasikan untuk disertakan dalam daftar kutipan.
7. Seluruh referensi yang dikutip harus diketik dalam format Turabian/Chicago Style dan disusun sesuai urutan abjad dari A ke Z.
8. Kutipan atau teks berbahasa Arab diketik dengan huruf Romawi menggunakan sistem transliterasi Arab-Riomawi yang digunakan oleh Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi berdasarkan sistem transliterasi Library of Congress. Pedoman transliterasi Arab-Latin dapat diunduh pada Tautan Ini.
9. Artikel yang menyantumkan kutipan namun tidak disebutkan dalam Daftar Pustaka, tidak akan diperiksa oleh Penyunting. Demi akurasi dan untuk memastikan setiap sumber yang dikutip di dalam artikel telah sesuai, lihat ragam contoh kutipan di bawah ini.

Buku
1. Catatan Kaki
Gary R. Bunt, iMuslims: Rewriting the House of Islam (Chapel Hill: The University of North Carolina Press, 2009), 55.
2. Bentuk Ringkas
Bunt, iMuslims, 55-56.
3. Daftar Pustaka
Bunt, Gary R. iMuslims: Rewriting the House of Islam. Chapel Hill: The University of North Carolina Press, 2009.

Bab atau Bagian tertentu dari Buku
1. Catatan Kaki
Annabel Teh Gallop, “Gold, Silver, and Lapis Lazuli; Royal Letters from Aceh in the Seventeenth Century,” dalam Mapping the Acehnese Past, diedit oleh R. Michael Feener, Patrick Daly dan Anthony Reid (Leiden: KITLV Press, 2011), 105.
2. Bentuk Ringkas
Gallop, “Gold,” 128.
3. Daftar Pustaka
Gallop, Annabel Teh. “Gold, Silver, and Lapis Lazuli; Royal Letters from Aceh in the Seventeenth Century.” Dalam Mapping the Acehnese Past, diedit oleh R. Michael Feener, Patrick Daly dan Anthony Reid, 105-139. Leiden: KITLV Press, 2011.

Bila mengutip keseluruhan buku yang diedit, nama editor disebut terlebih dahulu. Misalnya:
1. Catatan Kaki
R. Michael Feener, Patrick Daly dan Anthony Reid, ed., Mapping the Acehnese Past (Leiden: KITLV Press, 2011), 13-29.
2. Bentuk Ringkas
Reid, the Acehnese Past, 87.
3. Daftar Pustaka
Feener, Michael R., Patrick Daly dan Anthony Reid, ed. Mapping the Acehnese Past. Leiden: KITLV Press, 2011.

Buku Terjemahan
1. Catatan Kaki
Janet Steele, Mediating Islam: Jurnalisme Kosmopolitan di Negara-Negara Muslim Asia Tenggara, terj. Indradya Susanto Putra (Bandung: PT Bentang Pustaka, 2018), 34.
2. Bentuk Ringkas
Steele, Mediating Islam, 119.
3. Daftar Pustaka
Steele, Janet. Mediating Islam: Jurnalisme Kosmopolitan di Negara-Negara Muslim Asia Tenggara. Diterjemahkan oleh Indradya Susanto Putra. Bandung: PT Bentang Pustaka, 2018.

Artikel Jurnal
1. Catatan Kaki
Monika Arnez, “Dakwah by The Pen: Reading Helvy Tiana Rosa's Bakuvu,” Indonesia and the Malay World 37, no. 107 (Maret 2009): 48.
2. Bentuk Ringkas
Arnez, “Dakwah by The Pen,” 55.
3. Daftar Pustaka
Arnez, Monika. “Dakwah by The Pen: Reading Helvy Tiana Rosa's Bakuvu.” Indonesia and the Malay World 37, no. 107 (Maret 2009): 45-64.

Artikel jurnal dengan DOI
1. Catatan Kaki
Nurdin, Nurdin, “To Dakwah Online or not to Dakwah Online: Da’i Dilemma in Internet Age,” Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 10, no. 1 (Juli 2017): 24. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol10.Iss1.34.
2. Bentuk Ringkas
Nurdin, “To Dakwah Online,” 30.
3. Daftar Pustaka
Nurdin, Nurdin, “To Dakwah Online or not to Dakwah Online: Da’i Dilemma in Internet Age,” Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 10, no. 1 (Juli 2017): 21-33. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol10.Iss1.34.

Tesis dan Disertasi
1. Catatan Kaki
Asna Husin, “Philosophical and Sociological Aspects of Da`wah: A Study of Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia” (PhD dis., Columbia University, Columbia, 1998), 13.
2. Bentuk Ringkas
Husin, “Philosophical and Sociological,” 147.
3. Daftar Pustaka
Husin, Asna. “Philosophical and Sociological Aspects of Da`wah: A Study of Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia. PhD dis., Columbia University, Columbia, 1998.

Artikel Koran
1. Catatan Kaki
Fathorrahman Ghufron, “Pudarnya Roh Dakwah,” Kompas, 10 April, 2018, 7.
2. Bentuk Ringkas
Ghufron, “Pudarnya.”
3. Daftar Pustaka
Ghufron, Fathorrahman. “Pudarnya Roh Dakwah.” Kompas, 10 April, 2018.

Artikel Situs Web
1. Catatan Kaki
“Jaring Gurita Dakwah HTI: Dari Profesor hingga Tentara,” CNN Indonesia, diakses 29 April, 2018, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170814130949-20-234579/jaring-gurita-dakwah-hti-dari-profesor-hingga-tentara.
2. Bentuk Ringkas
CNN Indonesia, “Jejerang Gurita.”
3. Daftar Pustaka
CNN Indonesia. “Jaring Gurita Dakwah HTI: Dari Profesor hingga Tentara.” Diakses 29 April, 2018. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170814130949-20-234579/jaring-gurita-dakwah-hti-dari-profesor-hingga-tentara.

Konten Audiovisual
1. Catatan Kaki
Abdul Somad, “5 Amalan Sepanjang Ramadhan,” 19 Mei, 2018, video pendidikan, 1:07:34, https://youtu.be/shi_0TYqw-k.
2. Bentuk Ringkas
Somad, “5 Amalan.”
3. Daftar Pustaka
Somad, Abdul. “5 Amalan Sepanjang Ramadhan.” 19 Mei, 2018. Video pendidikan, 1:07:34. https://youtu.be/shi_0TYqw-k.

Kutipan sama berurutan
Bila salah satu dari referensi dikutip secara berurutan, sumber dapat ditulis dengan Ibid. atau Ibid., 31. bila sumber kedua berasal dari halaman yang berbeda dengan sebelumnya.

10. Seluruh naskah secara anonim akan dikirimkan kepada Penyunting Ahli yang ditunjuk oleh Penyunting guna mendapatkan evaluasi. Penulis diberikan kesempatan untuk memperbaiki naskah artikel berasarkan rekomendasi dari Penyunting Ahli dan Penyunting. Keputusan publikasi atau penolakan akan diinformasikan kepada penulis melalui surel.
11. Penyunting memiliki hak untuk melakukan perbaikan ejaan, struktur kalimat, dan penulisan pada naskah yang akan diterbitkan.
12. Semua hal yang berkenaan dengan izin pengutipan, hak cipta piranti lunak komputer yang digunakan dalam penulisan naskah, atau semua bentuk hak cipta lainnya, yang memeliki konsekuensi hukum, sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.
13. Penulis yang naskahnya diterbitkan pada Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikas akan mendapatkan 2 terbitan cetak. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan dikembalikan.

Contoh penulisan naskah dapat diunduh di sini
Panduan penulisan naskah dapat diunduh di sini
Panduan transliterasi Arab-Romawi dapat diunduh di sini

Maklumat Hak Cipta (Copyright Notice)

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Pernyataan Privasi (Privacy Statement)
Nama-nama dan alamat surel yang dicantumkan pada Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, secara eksklusif, akan digunakan untuk tujuan yang telah dinyatakan pada keterangan jurnal ini dan tidak digunakan untuk kepentingan lainnya.

Biaya Penulis (Author Fees)
Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi tidak meminta Biaya Proses Artikel/Article Processing Charge (APCs), biaya penyerahan artikel, biaya penerbitan, atau biaya-biaya lainnya.